Home / Article / Sejarah RSUD dr Soetomo / Nieuwe Centrale Burgerlij Ziekeninrichting.
rsud depan dulu

Sejarah RSUD dr Soetomo / Nieuwe Centrale Burgerlij Ziekeninrichting.

RSUD dr Soetomo, atau biasa juga disebut sebagai RS Karangmenjangan oleh warga Surabaya, kenapa kali ini saya tertarik menulis tentang Rumah Sakit ini, tidak lain karena kunjungan seorang kawan dari Belanda yang bernama Marjolein dan dia mencari tahu info tentang Rumah Sakit ini yang mana pada masa Belanda digunakan sebagai RS Marinir dimana kakek dari Marjolein ini berdinas.

rsud depan

rsud depan dulu

Akhirnya saya mencari info tentang RS ini di internet, tak banyak data yang didapat namun saya mendapatkan informasi berharga bahwa dr Urip Murtedjomembuat buku tentang sejarah berdirinya RS dr Soetomo dan kebetulan sekali beliau adalah ayah dari salah satu kawan baik saya Prasetyo Wibowo yang menjadi adik kelas saya sejak sekolah di HBS alias SMA 5 Surabaya hingga di ITS Surabaya, akhirnya saya bisa mendapatkan buku yang beliau tulis dan info bisa saya bagikan hingga para warga Surabaya tahu tentang sejarah gedung ini =)

 

Saat jalan jalan di Rumah Sakit ini, saya menemukan beberapa foto lama tertempel di dinding pada saat Rumah Sakit ini digunakan oleh Belanda dan saya pun berusaha mencari lokasi foto lama ini, berikut hasilnya :
rsud dr soetomo
band kini
marcing

Gedung Rumah Sakit ini dibangun diperkirakan pada tahun 1938, pada zaman itu disebut sebagai NIEUWE CBZ didirikan di Viaduct Straat berseberangan dengan gedung NIAS  (Nederlandsch Indische Artsen School , kini gedung FK Unair)

foto udara rode (1)

NIEUWE CBZ ini dibangun untuk membantu OUDE CBZ /  RS Simpang  karena seringnya pasien membludak.

 

antrian ss (1)

 

Pembangunan NIEUWE CBZ ini terhenti pada 1942 saat Jepang masuk menguasai Surabaya dan menggunakan bangunan ini sebagai Rumah Sakit Kaigun (Angkatan Laut Bala Tentara Jepang) hingga tahun 1945.
Setelah Sekutu menguasai Surabaya pada akhir tahun 1945 maka NIEUWE CBZ kembali digunakan Belanda sebagai RS MARINIR dan dikenal dengan sebutan Marine Hospital Surabaya.
Pada tanggal 7 Agustus 1950. Marine Hospital Surabaya diserahkan kepadaALRIS (Angkatan Laut Republik Indonesia Serikat) dan sejak tahun ini pula ditetapkan namanya menjadi Rumah Sakit Umum Pusat / RSUP dan dibawah Departemen Kesehatan RI. Sejak tanggal 20 Mei 1964 diganti nama menjadi RS dr Soetomo.
Dan didepan salah satu sisi RS ini ternyata saya menemukan penampakan ambulance antik, ternyata menurut informasi dari dr Urip Murtedjo, ambulance ini disebut sebagai ambulance sejarah karena digunakan sejak jaman RS Simpang / Oude CBZ.
ambulan kiniambulan kini2

About Ady Setyawan

Ady Setyawan, penulis dan penghobi sejarah terutama era perang kemerdekaan. Buku yang pernah diterbitkan berjudul "Benteng Benteng Surabaya". Menyukai aktivitas fisik luar ruang, lari lintas medan, menyelam, panahan dan terjun payung.

Check Also

IMG_20180812_152250[1]

Tugu Status Quo Pujon

Pada tanggal 1 Agustus 1947, DK PBB memerintahkan agar pihak Indonesia dan Belanda menghentikan tembak-menembak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *