Monday , August 21 2017
Home / Article / Kumpulan Testimonial Veteran 4
Kumpulan Testimonial Veteran 4
Kumpulan Testimonial Veteran 4

Kumpulan Testimonial Veteran 4

Arsip koleksi DHD 45 Surabaya, memuat kesaksian-kesaksian veteran berikut :

 

  1. Soebandi / Krukah Selatan 3A 12 Surabaya / anggota BKR lalu bergabung BPRI, akhir perang berada di Res 31 Ter V STC Madiun. Berasal dari Ponorogo dan datang ke Sidoarjo ketika akhir November dimana musuh sudah menduduki Wonokromo. Saat agresi II tertangkap Belanda dan ditwan di Madiun.
  2. Adin alias P. Soedjibno / Tapen, Bondowoso / Korban dari gerbong maut Bondowoso yang selamat, sebelumnya pada bulan puasa 1947 terlibat pertempuran dengan Belanda dan tertangkap, mengalami siksaan hebat sebelum akhirnya dimasukkan gerbong maut.
  3. Hasjim / Jl Madura 19 no 01 Situbondo / Pada Nov 45 menjadi anggota Polisi Tentara Laut. Agresi militer I di Jember tertembak dibagian bahu kiri hingga tangan kiri tak dapat digerakkan sempurna. Pada 4 Juli 1949 di daerah Ledokombo kembali tertembak Belanda dan terkena tulang belakang mengakibatkan kelumpuhan.
  4. Darmo / Gubeng Kertajaya VI no 6 Surabaya / Anggota BKR Kaliasin, pada Nov 45 mengoperasikan senapan mesin 12,7mm di front Sonokembang dimana pertempuran jarak dekat dimulai jam 8 malam. Di front Sonokembang dia memperkirakan sekitar 20 musuh terbunuh.
  5. Toekidjo / Ngagelrejo Utara 8 Surabaya / Pegawai dilapangan terbang Morokrembangan, bergabung satuan BKR Genteng saat perang Surabaya. Pada tahun 1949 di Randublatung, Cepu, memasang ranjau kodok yang menewaskan 9 tentara Belanda.
  6. Pohan Pandjaitan / Anggota PRI anak buah Soemarsono dan Roestam Zain, pengemudi panser dalam pertempuran Surabaya di sektor tengah .
  7. Ny Oetami Soeroso / Jl Indragiri 18 Surabaya / Tahun 45 masuk Be 17 Det 1 TRIP sebagai anggota kesehatan dan dapur umum, di front Sepanjang bertugas mengangkuti mereka yang terluka ke garis belakang. Tahun 1948 bergabung dengan Brigade S dengan pangkat Sersan Mayor, tahun 1949 pernah dihujani peluru oleh patrol Belanda dan tertangkap di Kediri.
  8. HR Achmad Edrus / Jl Sucipto 18 Situbondo / Saat awal proklamasi tinggal di Peneleh gang VI no 20, melihat kejadian perobekan bendera dan bersaksi ada dua orang yang terlibat langsung dalam upaya merobek Bendera, tapi tidak mengenal mereka. Awal November 45 menggabungkan diri dengan BKR Genteng dan bertempur di front Pasar Besar. Pada agresi I bergabung dengan BPRI di Situbondo, pada agresi II terlibat upaya sabotase-sabotase kepada musuh.
  9. Abdullah / Kupang Panjaan IV no 79 Surabaya / Anggota AMPAL / Angkatan Muda Penataran Angkatan Laut hingga Desember 1945, dibulan November berhasil menghancurkan kendaraan musuh pada pertempuran didekat Asrama Polisi Kupang. Setelah dari AMPAL bergabung dengan AURI pada masa perang kemerdekaan selanjutnya. Pernah ditawan PKI di Madiun sebelum akhirnya berhasil dibebaskan TNI.
  10. Petrus Labaita / Kalimas Baru Gang Buntu II no 23 Surabaya/ Anggota Kaigun Heiho JEpang pada 1944, terlibat penyerbuan Kempetai,bergabung dengan BKR Laut, pada tahun 1948 lutut kiri terkena mortar. Tahun 1950 dikirim bertempur menumpas pemberontakan di Sulawesi Selatan dan Ambon.

 

Untuk download arsip yang telah didigitalisasi , silakan klik link dibawah ini :

Download Button

Download

 

Tim : Ady Setyawan, Marjolein van Pagee, Dimas Adi ( www.roodebrugsoerabaia.com & www.historibersama.com )

About Ady Setyawan

Ady Setyawan, penulis dan penghobi sejarah terutama era perang kemerdekaan. Buku yang pernah diterbitkan berjudul "Benteng Benteng Surabaya". Menyukai aktivitas fisik luar ruang, lari lintas medan, menyelam, panahan dan terjun payung.

Check Also

ILUSTRASI MATAHARI YANG INGIN TENGGELAM DI BENTENG KEDUNG COWEK

MATAHARI YANG INGIN TENGGELAM DI BENTENG KEDUNG COWEK

 MATAHARI YANG INGIN TENGGELAM DI BENTENG KEDUNG COWEK* Oleh: Joe Pradana   “..sebagian dari mereka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *