Home / Article / Palagan Mendalan Kasembon
IMG_20180811_142908_1537200402720[1]

Palagan Mendalan Kasembon

IMG_20180811_142946[1]

Tanggal 25 Desember 1948 seusai TNI mengundurkan diri ke Gunung Parasbang, mereka menyusun rencana untuk melakukan serangan ke Mendalan yang sudah dikuasai Belanda. Kompi Soemadi mengambil arah Gunung Parasbang dan Kompi Mistar dari jurusan Ngantang. Dalam pertempuran awal tersebut gugur Serma Akoep dari kompi Mistar.
Pada pukul 05.00 pasukan TNI berhasil menghancurkan pos tentara Belanda yang berada di Mendalan dan TNI segera mengundurkan pasukan. Belanda sengaja membiarkan TNI mundur beberapa saat, rupanya ketika TNI mundur Belanda melakukan taktik serangan mendadak dan terjadilah duel satu lawan satu bahkan sampai terjadi perkelahian.
Letda Soediarto dengan gigih memegang pedang samurai dan dengan tangkas bergerak maju membantai musuh. Soediarto memang seorang pemberani dan memiliki tubuh kekar. Suara teriakan bercampur desingan peluru menjadi satu menjadi suara mengaduh yang mengerikan. Dalam duel satu lawan satu banyak pasukan kedua pihak gugur. Pasukan Belanda saat kejadian dari Gajah Merah pimpinan Kapten Van De Vries.
Letda Soediarto yang masih menghunus pedang akhirnya gugur tertembak. Dalam pertempuran pihak Belanda mengalami kerugian dua regu tentara tewas, dari pihak TNI 20 gugur. Setelah peristiwa tersebut di Mendalan masih sering terjadi pertempuran memperebutkan wilayah Mendalan.
Untuk mengenang pertempuran besar di Mendalan, pada tanggal 26 Mei 1982 diresmikan Monumen Perjuangan Letda Soediarto (Palagan Mendalan Kasembon) oleh Pangdam VIII Brawijaya Mayjend TNI Moergito.
(Sumber Referensi Perjuangan Total Brigade IV)

About rifkhi sulaksmono

Lahir di Jogjakarta, 4 Desember 1980 lulusan fakultas ekonomi akuntansi Universitas Islam Indonesia Jogjakarta, hobby penelusuran situs pertempuran diberbagai daerah.

Check Also

Monumen Status Quo

Monumen Status Quo

Monumen ini dibuat untuk mengenang perjuangan TNI, Polisi dan rakyat pada saat pertempuran yang heroik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *